Izin Tinggal

Turki adalah tempat yang aman, jika Anda menghadapi situasi yang tidak menyenangkan, Anda dapat melaporkan ke kantor polisi terdekat atau Anda dapat menghubungi 155 (Nomor darurat nasional untuk polisi). Polisi dapat membantu Anda dalam bahasa asing lainnya saat berhadapan dengan masalah ini dalam waktu singkat.

Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku bersifat internasional di Turki akan menghindarkan Anda dari situasi buruk.

Misalnya, menurut UU Paspor no 5682, itu adalah wajib untuk menunjukkan paspor yang masih berlaku untuk masuk Turki melalui gerbang perbatasan, yang terbuka untuk lalu lintas penumpang internasional, dengan kantor-kantor polisi dan menyelesaikan prosedur kepabeanan. Setelah memasuki negara Turki menurut UU no 5683 tentang ‘perjalanan dan tempat tinggal orang asing’, wajib bagi orang asing untuk mendaftarkan diri di Departemen Direktorat Keamanan Provinsi dalam waktu 30 hari.

Bila izin tinggal sudah habis Anda harus mendaftar lagi dalam waktu 15 hari.
Ketika mengubah alamat tetap, wajib untuk melaporkan alamat Anda dalam waktu 48 jam. Mengubah status perkawinan, periode untuk melapor adalah 15 hari dan jika Anda kehilangan laporan izin tinggal, Anda harus melaporkan ke polisi.

Jika Anda masih belajar atau berniat untuk memperluas penelitian Anda, atau perlu waktu untuk persiapan Anda untuk keberangkatan atau ingin menghabiskan liburan Anda di Turki setelah Anda menyelesaikan pendidikan Anda, Anda dapat mengambil izin tinggal selama 6 bulan.

Untuk Pelajar dapat mengajukan izin tinggal selama satu tahun dengan memperlihatkan surat keterangan dari kampus bahwa yang bersangkutan adalah siswa dari kampus tersebut. Izin dapat diperpanjang setiap tahun dengan catatan yang bersangkutan masih terdaftar sebagai siswa.