Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi di Turki terdiri dari perguruan tinggi dari, sarjana, master dan program doktor gelar. Secara total, 103 dari 176 perguruan tinggi adalah universitas negeri, sisanya (73) adalah perguruan tinggi swasta. Menurut data beberapa tahun terakhir, jumlah mahasiswa dengan jumlah siswa dalam pendidikan formal dan pendidikan jarak jauh adalah sekitar 3,5 juta.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Program Undergradute
Para pelamar yang ingin belajar di setiap program sarjana harus membuat aplikasi langsung ke universitas. Setiap universitas menerima mahasiswa internasional atas dasar kebutuhan mereka sendiri yang dipublikasikan di website resmi mereka.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Program Pascasarjana
Program pascasarjana di Turki terdiri dari Master, PhD dan spesialisasi dalam program kedokteran

Program Master
Dua jenis gelar master dengan program tesis dan non-tesis ditawarkan untuk mahasiswa. Sedangkan program master dengan tesis terdiri dari setidaknya tujuh kursus, satu seminar dan studi tesis. Program magister non-tesis mengandung setidaknya sepuluh kursus dan proyek semester. Periode yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar master 2 tahun.

Program Doktor
Program doktor memiliki setidaknya tujuh kursus, ujian kemahiran dan tesis. Periode untuk menyelesaikan program empat semester dan periode untuk menyelesaikan program doktor adalah delapan semester. Untuk dapat mengajukan permohonan untuk program doktor, wajib memiliki gelar master. Para pelamar dapat menggunakan ijazah sarjana mereka untuk melanjutkan ke program doktor gabungan yang terdiri dari pendidikan master dan pendidikan doktor.

Spesialisasi dalam Program Kedokteran
Spesialisasi dalam program kedokteran adalah setara dengan program doktor dan itu dilakukan oleh fakultas kedokteran universitas dan oleh rumah sakit penelitian yang berhubungan pada pelayanan kesehatan. Para siswa, yang ingin memiliki pendidikan dalam bidang kedokteran dan kedokteran gigi, harus berhasil dalam ujian DUS atau TUS.

Kalender Akademik
Di Turki universitas dijalankan pada dua semester, yang dikenal sebagai musim gugur dan musim semi. Selain itu, beberapa perguruan tinggi memiliki program sekolah musim panas.

Proses Pemeriksaan Akademik
Kinerja akademik di universitas ditentukan pada keberhasilan dan kehadiran. Keberhasilan akademis Universitas tes siswa dengan pemeriksaan yang berbeda seperti dua ujian tengah semester dan satu akhir atau satu ujian tengah semester dan satu final. Beberapa universitas menerapkan sistem yang berbeda seperti  sekolah musim panas. Selain ujian, berbagai pekerjaan rumah dan laporan yang berpengaruh dalam mengambil nilai. Standar kelulusan di universitas biasanya 60/100 (2.00/4.00) (nilai ini mungkin berbeda antara universitas).

Bahasa Instruksi
Para pelamar harus memiliki kecukupan dalam bahasa pengantar di universitas yang biasanya adalah bahasa  Turki (Juga dalam bahasa Inggris, Perancis dan Jerman). Para siswa, yang diterima ke universitas tapi tidak memiliki kecukupan dalam bahasa yang diperlukan, diberikan kesempatan kursus bahasa selama setahun. Juga, pelajaran Turki diberikan kepada mahasiswa internasional.